Beberapa Cara Dalam Menggabungkan File PDF

Diposting pada

Cara Menggabungkan file pdf – Hal yang tentunya sangat merepotkan adalah mencoba menggabungkan file-file PDF yang tersebar menjadi satu rangkaian. Bagamanapun menggabungkan beberapa file PDF ke dalam satu file, sehingga tidak membuat dirimu merasa berantakan, karena bercecarannya file PDF dalam folder yang membuatmu bingung setengah mati jika hendak merangkai ulang file-file tersebut, apalagi beberapa file PDF yang dibutuhkan untuk presentasi terkadang tidak diberi nomor atau petunjuk rangkai yang jelas.

Masalah lain, adalah multitasking, jika dirimu sedang membuat laporan yang lebih aksentuatif serta lebih meyakinkan, tentunya membutuhkan beberapa varian presentasi dari mulai file PDF yang disalin ke Word, Excel, Powerpoint, atau editor foto, serta alasan-alasan lain yang akan memudahkan proses transfer/ berbagi file kepada rekanan lain, atau disyaratatkan oleh pihak yang memberikan tugas demikian. Maka mau tidak mau dirimu harus mampu merangkaikan file-file PDF tersebut.

Keterbatasan software salah satu permasalahan saat menggabungkan file pdf

Tidak berhenti di situ masalahnya da masalah lain. Yakni keterbatasan software atau piranti bawaan sistem operasi. Sebagaimana yang kamu ketahui. Teknologi selalu update. Begitupun file inti dari PDF yang ada dalam konsensi Anda. Sementara belum tentu software dalam perangkat keras telah update. Berkaitan dengan sistem operasi, apakah dirimu pemakai Windows? Linux? atau Mac? Tentunya ada penanganan yang lebih berbeda.

Baiklah jika kamu menggunakan Mac, maka Mac sudah menyediakan tools yang di perlukan yang sudah included sudah ada di dalam sistem operasi macOS sendiri. Meskipun  kadang untuk bisa melakukan fitur serta solusi yang lebih fleksibel pemakai macOS tetap membutuhkan instalasi aplikasi dari pihak ketiga yang berbayar.

Keballikannya, jika dirimu menggunakan Windows, mau tidak mau wajib membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Namun jangan khawatir  di dunianya windows (baca Internet) kita dapat menemukan aplikasi sumber ketiga yang open free, alias gratis yang bisa melakukan penggabungan file PDF. Ada juga aplikasi online yang ikut menawarkan proses menggabungkan serta mengedit PDF yang bisa diunggah langsung dari ruang penyimpanan. Yang kamu butuhkan hanyalah ikuti langkah-langkah yang diberikan secara online tersebut, misalkan pada situs smallpdf.c*m, cukup kamu unggah beberapa file yang ingin digabungkan, dan voila file telah tergabung dengan mudah.

Adanya Phising informasi

Namun harap perhatikan adanya resiko iklan tempelan (iklan melayang yang mengikuti hasil produk penggabungan yang jadi/unduhan), sehingga kita tidak menyarankan aplikasi online ini.  Selain bahaya iklan tempelan dari penyedia layanan penggabungan File PDF, kamu juga wajib hati-hati akan adanya phising informasi, jika data yang kamu unggah merupakan / mengandung metadata yang dirimu tidak ingin berbagi, atau terlihat sama sekali. Bagaimanapun menggunakan piranti online gratisan berpotensi pada phising, karena penyedia layanan tentunya akan ikut mengidentifikasi file dan sistem yang kamu berikan. Ditambah lagi penyedia layanan penggabungan PDF tersebut akan senantiasa menyimpan kopian file yang diunggah, karena coba diingat kembali nasihat dalam film Captain Amerika Winter Soldiers, abad 21 itu buku digital. Apapun yang kamu lakukan, apabila sudah dimasukkan ke dalam proses online, maka kamu melalui file yang kamu unggah menjadi buku yang sangat terbuka yang bisa dibaca dan tersebar begitu saja. Sehingga upaya penggabungan file PDF secara online sangat-sangat tidak disarankan.

Lalu bagaimana dong cara yang paling aman? Mau tidak mau dirimu harus membelil aplikasi ketiga yang berbayar, atau setidaknya yang dapat diunduh gratis dari free trial, atau melalui kawan yang memiliki lisensi terbatas. Untuk fasilitas gratis misalnya dapat diinstal PDFsam gratis dari www.PDFsam.org.  Jika dirimu menginginkan produk gratis, hapus centang pada opsi di penginstal untuk mengunduh versi Enhanced, yang bebas pratinjau.

Tetapi lambat laun produk gratis akan membutuhkan dukungan update untuk file-file PDF sendiri yang semakin kompatible pada versi terbarukan. Artinya program gratisan tidak akan bertahan lama karena tidak mampu membaca file PDF versi terbaru.  Jika ingin fasilitas yang tetap update, mau tidak mau mesti membayar $ 49. Adapun, kelebihan dari produk dari PDFsam adalah Antarmuka yang memungkinkan driimu memilih di antara fungsi-fungsi seperti menggabungkan dan memisahkan file PDF, ditambah dengan adanya fitur yang menggabungkan dua dokumen PDF, bergantian halaman dari satu file dengan halaman dari yang lain, sehingga sang pengguna dapat membuat satu PDF dari PDF terpisah yang berisi halaman depan dan belakang dokumen dengan dua sisi yang asli.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *