cara memperbaiki file corrupt di windows dengan sfc

Cara Memperbaiki File Corrupt di Windows Dengan SFC Dengan Mudah

Diposting pada

Cara Memperbaiki File Corrupt – Jika Anda seringkali mendapati bahwa komputer Anda terasa berat, suka ngebug dan mengalami masalah ketika dioperasikan. Maka bisa jadi smartphone Anda tersebut sedang mengalami kerusakan. Atau bisa jadi ada file yang corrupt atau hilang dan diubah paksa oleh software dalam proses instalasinya. Jika memang Anda sering mengalami hal yang semacam ini ada baiknya untuk Anda segera mengecek kerusakan yang terdapat pada sistem dan segera atasi.

Bagi Anda para pengguna windows, salah satu cara mengatasinya adalah dengan cara memperbaiki file yang corrupt di windows dengan melakukan scan dan perbaikan file sistem yang rusak tersebut menggunakan SFC. Bagaimana langkah – langkah melakukannya. Berikut informasi lengkapnya untuk Anda.

cara memperbaiki file corrupt di windows dengan sfc

Cara Memperbaiki File  Corrupt di Windows dengan SFC

Dalam rangka melakukan scan dan perbaikan file sistem yang mengalami kerusakan di windows, sebelum menjalankannya ada baiknya terlebih dahulu Anda tutup semua aplikasi yang sedang Anda gunakan. Untuk mulai menggunakan cara ini baiknya segera Anda tekan kombinasi tombol windows + X. Kemudian pilih Command Prompt. Ketika pop up verifikasi sedang muncul Anda bisa klik OK dan jendela command prompt dalam mode administrator nantinya akan terbuka.

File ilang jangan panik, baca juga : Cara Mengembalikan File Yang Hilang di Laptop kamu.

Command Untuk Cara Memperbaiki File Corrupt di Windows

Yang paling mudah untuk cara memperbaiki file corrupt adalah Anda langsung gunakan command utama yang tentu saja akan melakukan scan keseluruhan sistem dan secara langsung akan melakukan upaya perbaikan jika memang ditemukan kesalahan dan memungkinkan untuk melakukan perbaikan. Dalam melakukannya Anda bisa langsung eksekusi command dengan perintah berikut ini :

  • /scannow : Menjalankan scan atas file yang telah terproteksi secara langsung.
  • /scanonce : Menjalankan scan atas file yang terproteksi secara bersamaan.
  • /scanboot : Menjalankan scan atas file yang terproteksi setiap kali komputer melakukan restart.
  • /revert : Mengembalikan scan ke operasi secara default.
  • /purgecache : Menghapus cache windows file protection dan melakukan scan terhadap file sistem tersebut.
  • /cachesize=x : Melakukan set ukuran file cache untuk windows protection file dalam MB.
  • /filesonly : Melakukan verifikasi atau repair file dan tidak memverifikasi atau repair registry.
  • /offbootdir : Gunakan opsi ini dalam melakukan repair atau perbaikan secara offline. Untuk menemukan lokasi dari file booting windows Anda.
  • /offwindir : Opsi ini diperlukan untuk melakukan perbaikan offline atau repair dan menentukan lokasi direktori dari windows.
  • /revert : Mengembalikan ke pengaturan secara default.
  • /scanfile : Melakukan scan dan perbaikan pada file dengan lokasi folder yang spesifik.
  • /verifyfile : Melakukan verifikasi pada file dengan lokasi folder yang spesifik tanpa melakukan perbaikan demi perbaikan.
  • /verifyfile : Melakukan scan pada semua file yang terproteksi tanpa melakukan perbaikan – perbaikan.
  • /? : Menampilkan bantuan yang terletak di jendela command prompt.

Penggunaan Syntax yakni : sfc [/scannow] [/scanonce] [/scanboot] [/revert] [/purgecache] [/cachesize=x]

Cara Scan dan Perbaiki File Sistem Rusak di Windows dengan SFC

Scan Dan repair File Corrupt

Yang menjadi catatan dan harus Anda perhatikan bahwa jangan Anda melakukan eksekusi jika memang Anda tidak mengerti apa yang Anda lakukan. Contoh penggunaan parameternya adalah Anda bisa melakukan scan dan repair pada suatu file sistem yang terletak di sistem windows dengan Anda gunakan atau scanfile. Misalkan jika memang Anda ingin dalam kegiatan melakukan scan file kernel32.dll yang terdapat di folder c:windowssystem32 maka command prompt yang dapat Anda gunakan sebagai berikut :

sfc /scanfile=c:windowssystem32kernel32.dll

Catatan terakhir yang perlu Anda perhatikan bahwa command – command diatas juga dapat digunakan pada sistem operasi sebelum windows 10 seperti windows 7 dan juga vista. Akan tetapi memang ada beberapa command yang tidak dapat bekerja pada versi tertentu dimana paling banyak adalah windows XP. Jika memang Anda ingin mengetahui adanya suatu opsi dan parameter apa saja yang didukung oleh versi windows Anda maka Anda dapat menggunakan suatu SFC /? Pada command prompt di windows Anda.

Itulah informasi mengenai cara memperbaiki file corrupt di windows dengan SFC yang perlu Anda tahu. Anda bisa menerapkan cara diatas jika mengalami masalah yang sama. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *