Belajar lebih supaya ga Gaptek

Iklan

Cara Mengisi Baterai Android Agar Cepat Penuh

0 830

Cara Mengisi Baterai Android Agar Cepat Penuh -Memiliki sebuah perangkat smartphone keluaran terbaru terkadang menjadi kebanggaan tersendiri. Akan tetapi ada saja masalah yang ditimbukan oleh smartphone kita tersebut. Salah satunya adalah borosnya penggunaan baterai pada smartphone. Maka kami dari team oprekdroid membuat sebuah tips bagaimana cara mempercepat pengisian baterai android kalian.

Smartphone Android merupakan salah satu teknologi yang sedang marak digunakan pada saat ini. Bahkan untuk sebagian orang HP android merupakan tempat untuk menjalankan aktifitas karena mudahnya dibawa kemana-mana dan fleksibel.

Pada dasarnya smartphone android memiliki fungsi yang hampir sama dengan sebuah komputer android dapat melakukan berbagai macam perintah seperti sebuah komputer, namun untuk hal keefisienan kerja belum dapat menyamai komputer. Selain itu, fungsi-fungsi yang ada pada Smartphone Android juga terletak pada baterai yang lekas habis, karena daya yang digunakan oleh Smartphone android adalah baterai HP.

Bagi anda yang terburu-buru dan sangat bergantung pada HP android dalam melakukan segala pekerjaan dan aktifitas lainnya anda pasti berfikir bagaimana cara mengisi baterai android agar cepat penuh karena rata-rata pengisian daya yang dibutuhkan oleh HP android adalah sekitar 2 hingga 3 jam karena smartphone android dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup besar yang biasanya mampu bertahan selama kurang lebih 12 jam saat pemakaian normal, hal ini tergantung pada kualitas baterai yang masih bagus atau tidak.

Cara Mengisi Baterai Android Agar Cepat Penuh

5 Cara Mengisi Baterai Android Agar Cepat Penuh

Hal ini pasti akan membuat kesal saat kita terburu-buru dan mendadak harus pergi. Misalnya untuk urusan bisnis namun daya baterai pada HP android yang di charge tidak cepat terisi. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, berikut ulasan beberapa tips atau cara mengisi baterai android agar cepat penuh yang sepertinya boleh untuk dicoba.

Matikan HP Android saat Charging

Cara mengisi baterai android agar cepat penuh yang pertama adalah selalu mematikan HP saat sedang menisi baterai. Pada saat anda mematikan HP android ketika melakukan proses charging, maka proses pengisian daya atau baterai akan semakin terfokus. Hal ini sudah terbukti, HP Android yang di charging dalam keadaan mati dapat mempercepat pengisian daya hingga 12% dari waktu normal yang dibutuhkan untu mengisi daya baterai dibandingkan ketika HP Android dalam kondisi menyala.

Lambatnya pengisian baterai disebabkan oleh masih ada beberapa proses yang berjalan saat HP android dalam kondisi menyala, sehingga hal inilah yang membuat baterai tidak segera penuh. Misalnya saja proses yang berhubungan dengan jaringan, pada saat HP Android menyala, ia akan mencari sinyal. Proses pencarian sinyal ini sudah pasti memakan banyak daya baterai apalagi jika sinyal yang digunakan untuk konektivitas HP Android anda alah sinyal dengan teknologi tinggi seperti 3G dan 4G.

Maka dari itu untuk mencoba menggunakan cara mengisi baterai android agar cepat penuh anda alangkah lebih baiknya jika anda mematikan HP Android terlebih dahulu karena hal tersbut membuat HP Android anda hanya terfokus pada pengisian baterai saja.

Mengaktifkan Mode Pesawat atau Airplane Mode

Cara mengisi baterai android agar cepat penuh yang kedua adalah dengan mengaktifkn mode pesawat. Jika dengan mematikan HP Android pada saat melakukan charging sedikit mengganggu aktifitas anda, anda dapat menggunakan cara kedua ini untuk mempercepat proses charging yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat karena kebanyakan pemakaian sumber daya tertinggi pada HP android adalah yang berhubungan dengan kecerahan layar/brigthness dan penerima sinyal telepon (Cell Standby). Dengan begini kamu bisa ceat mengisi baterai android sambil menjalankan aplikasi android yang kamu inginkan.

Gunakan Charger Original

Untuk menggunakan cara mempercepat pengisian daya baterai android salah satu caranya adalah dengan menggunakan charger yang original. Karna merupakan cahrger bawaan dari HP Android anda. Hal ini terbukti cukup membantu dalam hal kecepatan pengisian daya baterai. Karena tegangan setiap charger berbeda-beda, tergantung pada baterai yang digunakan di masing-masing HP Android tegangan pada charger yang digunakan tidak boleh terlalu tinggi dan juga tidak boleh terlalu rendah.

Penggunaan charger yang original juga dapat mengurangi kerusakan pada baterai yang diakibatkan oleh terjadinya kebocoran. Karena dengan tidak menggunakan charger yang original besar kemungkinan daya yang dihantarkan tidaklah sama. Tentu saja hal ini lah yang membuat cara mengisi baterai android agar cepat penuh yang kalian coba itu gagal total.

Lakukan Kalibrasi Baterai

Cara mengisi baterai android agar cepat penuh yang ke empat adalah denga kalibrasi baterai android kamu. Biasanya beberapa para pengguna Android menggunakan baterai hingga benar-benar habis dan tidak tersisa sepersenpun, hal ini tidak dibenarkan. Karena dengan menghabiskan daya baterai hingga habis dan tidak tersisa justru akan memperpendek umur dari baterai Android yang anda gunakan. Akibatnya adalah pengisian baterai menjadi tidak maksimal karena hal tersebut.

Supaya anda terhindar dari kerusakan saat mencoba cara mengisi baterai android agar cepat penuh dan dapat mempercepat pengisian baterai,coba lakukan cara ini. Pastikan anda menyisakan daya baterai paling tidak 5% kemudian segeralah charging HP Android anda dengan menggunakan Charger original. Jangan biasakan untuk menghabiskan daya baterai hingga tak tersisa, kemudian pastikan juga anda melakukan kalibrasi baterai paling tidak sebulan sekali.

Membuat Baterai menjadi Dingin

Dinginkan suhu Baterai untuk mempraktekan cara mengisi baterai android agar cepat penuh yang terakhir ini. Suhu pada baterai ternyata juga mempengaruhi cepat atau tidaknya pengisian daya baterai. Kebanyakan HP Android menggunakan baterai berjenis lithium-ion yang memiliki prinsip kerja yang sederhana. Jika suhu lebih dingin atau adem, maka kinerjanya akan lebih baik termasuk dalam kinerja saat mengisi daya.

Lalu bagaimana cara mempercepat pengisian baterai android dengan mempertimbangkan suhu disekitar? Untuk membuat suhu baterai lebih dingin anda dapat lakukan dengan melepas cover dan bagian belakang casing smartphone android anda. Hal ini akan membuat baterai smartphone anda bisa bernafas dan suhu menjadi turun atau dingin. Selain itu, jangan sembarangan meletakkan HP Android anda saat proses Charging, letakkan pada tempat yang sejuk (kira-kira 25 derajat Celcius) agar suhu baterai tidak panas.

Itulah beberapa cara dan beberapa cara mengisi baterai android agar cepat penuh kalian ya. Semoga saja artikel oprekdroid kali ini dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang memiliki masalah pengisian baterai pada android kalian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.